Nothing Give up to Study, Go Sharing

Jumat, 17 Agustus 2012

Perbedaan Hub dan Switch


Perbedaan Hub dan Switch
Switch dan Hub sebenarnya adalah alat untuk membangun sebuah Network ( jaringan ), yang menghubungkan lebih dari 2 komputer, Jadi dimana letak perbedaan kedua alat tersebut ? oke kita akan bahas dalam postingan kali ini.


1.       HUB
Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring menerjemahkan sesuatu, hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel. Cara kerja alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal paket data ke seluruh port pada hub sehingga paket data tersebut diterima oleh seluruh computer yang berhubungan dengan hub tersebut kecuali computer yang mengirimkan. Sinyal yang dikirimkan tersebut diulang-ulang walaupun paket data telah diterima oleh komputer tujuan. Hal ini menyebabkan fungsi colossion (tabrakan data ).
2.    





pengiriman paket data di mulai dari PC paling kiri
Switch
Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer), switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima. Jika ada collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling berkirim paket data. 
pengiriman paket data di mulai dari PC paling kiri


Jadi Perbedaannya ?
Switch lebih efektif di gunakan karena
a.    kecepatan dan kenyamannya lebih matang di bandingkan Hub.
b.    Bandwidth Switch juga lebih cepat di bandingkan Hub.
c.    Switch mengirim langsung paket data kepada si peminta.
d.    Collison data jarang terjadi.


0 komentar:

Posting Komentar